Business, Life, Mindset, Parenting

Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu adalah sumber kemajuan. Sumber dari segala penemuan baru, perkembangan, perubahan, inovasi dan transformasi dalam hal apa pun.

Saya teringat film animasi The Croods ketika sang ayah berulang kali mengingatkan adik-adik dari putri sulungnya, Eep. Mereka diingatkan agar tidak meniru kelakukan Eep yang dinilainya “cacat”. Cacatnya itu adalah karena rasa ingin tahunya yang tinggi.

Rasa ingin tahu (curiousity) itu berbahaya. Segala sesuatu yang baru itu berbahaya, demikian wejangannya berulang kali kepada anak-anaknya.

Keluarga The Croods adalah satu satunya yang selamat di antara keluarga yang lain yang telah punah satu per satu diterkam binatang buas. Keluarga ini punya SOP atau aturan baku bagaimana menyelamatkan diri dari terkaman binatang buas.

“Ikuti aturan itu. Jangan pernah langgar aturan, kalau kalian ingin selamat!,” demikian kata sang ayah berulang kali.

Film ini seperti cerminan budaya kita yang cenderung menghindari risiko, mencari jalan aman dalam hidup. Sekolah yang pintar, bekerja yang tekun, ambil master supaya dapat promosi, demikian rata-rata orang tua kita mengajarkan anak-anaknya. Rasa ingin tahu untuk mencoba sesuatu yang baru dan berisiko ditutup.

Jarang orang tua yang memprovokasi anaknya untuk memulai bisnis, mengambil risiko atau berhenti bekerja. Padahal cara itu sebenarnya memantikan potensi si anak yang mungkin ingin tahu bagaimana dunia bisnis itu, bagaimana risikonya.

Beberapa waktu lalu saya baca majalah Esquire. Di sana ada satu profil pengusaha baru yang cukup sukses. Awalnya dia cukup mapan bekerja di sebuah agency periklanan. Tapi, oleh ayahnya yang PNS ia malah diprovokasi untuk resign dan memulai bisnis.

Saya ingat sekali kata-kata sang ayah itu, “Lebih baik jadi kepala ular daripada buntut naga.”

Iklan
Standar

2 thoughts on “Rasa Ingin Tahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s