Indonesiaku

Kesenjangan yang Makin Melebar

Kemarin saya sharing di Path sebuah artikel di Kompas yang mengangkat keprihatinan tentang makin melebarnya kesenjangan antara yang kaya dan miskin.

Ironis kan. Di tengah pertumbuhan ekonomi kita yang lumayan bagus. Di tengah naiknya jumlah kelas menengah yang seksi, kemiskinan dan kesenjangan makin melebar. Orang kaya makin kaya, orang miskin makin miskin.

Kompas menulis, penyebab kesenjangan ini adalah karena penurunan dari sektor pertanian dan manufaktur. Pertanian kita makin nelangsa karena kurang perhatian serius dan tergusur oleh sektor lain yang lebih seksi.

Lahan persawahan banyak beralih fungsi menjadi perumahan, misalnya. Insentif menjadi petani makin menyedihkan, karena kesulitan pupuk, air, tata niaga yang tidak berpihak kepada petani dan sebagainya.

Di skala dunia, para orang super kaya seperti Bill Gates dan Warren Buffett juga kebingungan. Kenapa jumlah kekayaan mereka dan kelompoknya yang demikian fantastis itu tidak berdampak kepada pengurangan kesenjangan di Amerika sendiri dan di dunia?

Ada segelintir orang di dunia yang kekayaannya bisa membeli dunia dan isinya, tapi di belahan dunia sana masih ada orang yang kelaparan.

Apa yang salah dengan sistim yang berlaku saat ini? Demikian mungkin batin mereka.

Pembaca tahu kenapa?

Iklan
Standar

4 thoughts on “Kesenjangan yang Makin Melebar

  1. sarengsami berkata:

    Menurut saya, sebaik2nya sistem pun, kalau selama motivasi2 dan isue2 personal yg diangkat oleh bapak Mario Teguh masih merupakan masalah orang banyak, ya tetap akan ada kesenjangan. Dunia yang gratis pun tak akan membantu.

    Suka

  2. ninik berkata:

    Jika semua konsisten menjalankan zakat, lebih baik lagi jika bisa lebih dari 2.5%cascading juga terus ke bawah, artinya si penerima zakat mengurangi lagi 2,5% dari zakat yang diterima, insyaAllah, kesenjangan tidak akan terlalu lebar. . wallahu alam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s