Indonesiaku

Publikasi Buruk Jakarta di NatGeo Traveler

Sebuah program bernama Chef Run Wild ditayangkan di NatGeo Traveler. Saat saya nonton kebetulan sedang edisi perjalanan di Indonesia, tepatnya di Jakarta.

Wah, seru nih, batin saya.

Saya suka menonton program traveling di TV dan sangat jarang menonton edisi Indonesia, apalagi Jakarta. Selalu yang sering muncul adalah Malaysia, Thailand, China, India. Saya curiga, ini disengaja karena pemerintah mereka mengeluarkan anggaran untuk program TV seperti ini.

Ternyata, keseruan saya hanya berlangsung sesaat ketika kemudian tayangan tentang Jakarta tidak ada yang positif, semuanya negatif. Dimulai dari sang hostnya tiba di stasiun Gambir yang dikerjai supir taksi. Setelah naik taksi, akhirnya mereka memutuskan untuk jalan kaki ke hotel karena tak tahan dengan macet.

Sampai di hotel yang sederhana, penderitaan mereka belum selesai lantaran tidak bisa tidur karena digigit kutu busuk. Setelah pindah ke kamar temannya, masih juga diganggu. Komplain ke pengelola hotel dan akhirnya dipindahkan ke kamar baru yang masih juga berkutu busuk.

Karena temanya adalah chef yang jalan-jalan mencicipi makanan, mereka pun mencoba aneka makanan di Jakarta mulai dari kaki lima sampai kelas warung Tegal. Secara umum mereka puas dengan rasa dan harganya, namun harus dibayar mahal dengan keracunan makanan. Selama 4 hari si host harus mendekam di tempat tidur, muntah-muntah dan bolak-balik ke toilet.

Tak tahan dengan penderitaan di Jakarta, akhirnya mereka memutuskan untuk segera angkat kaki menuju Kalimantan.

Di penghujung kunjungan di Jakarta, mereka mencoba naik Bajaj. Sialnya, Bajaj pun mogok dan diperbaiki oleh supir di pinggir jalan. Janjinya hanya 5 menit, namun baru selesai setelah 1 jam.

Menurut saya, pengalaman buruk para turis itu sebagian karena apes, sebagaian besar lagi memang begitulah kondisi Jakarta sesungguhnya.

Saya membayangkan penderitaan penduduk Jakarta yang bertahun-tahun mendiaminya. Turis saja dalam beberapa hari sudah tidak betah.

Standar

6 thoughts on “Publikasi Buruk Jakarta di NatGeo Traveler

  1. tapi sayang ya, pastinya banyak banget yang nonton acara itu. takut berpengaruh buruk ke pariwisata indonesia, khususnya Jakarta. karena turis asing saja lebih mengenal Bali dibanding Indonesia.🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s