Indonesiaku, Life

Indonesia Terlalu Banyak Libur?

Ada seorang teman yang protes karena di Indonesia terlalu banyak libur. Ia yang kebetulan pengusaha ritel online merasa omzetnya banyak tergerus karena pelanggannya banyak yang libur.

Seorang teman lain juga memprotes banyaknya libur karena membuatnya menjadi tidak produktif.

Saya kok tidak setuju ya. Saya lebih suka Indonesia banyak libur.

Banyak libur bukan berarti tidak produktif menurut saya. Bekerja tanpa henti juga bukan berarti produktif.

Negara-negara Skandinavia seperti Denmark, Finlandia, Norwegia saya dengar juga banyak libur. Rata-rata anak-anak bersekolah hanya setengah tahun. Selebihnya mereka libur. Liburan jalan-jalan keliling dunia selama 3 bulan bukan hal yang aneh di sana.

Soal produktivitas berbanding terbalik dengan banyaknya libur di sana. Finlandia selalu masuk rangking 3 besar soal kualitas pendidikan di dunia. Pendapatan per kapitanya pun termasuk tertinggi di dunia.

Dan satu lagi, negara-negara Skandinavia selalu masuk jajaran elit negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Indikatornya adalah penduduk negara tersebut memiliki keseimbangan hidup antara kerja, keluarga dan sosial.

Kalau melihat foto-foto kota Kopenhagen misalnya, tidak banyak bangunan modern dan kendaraan canggih lalu lalang. Yang banyak adalah penduduk yang lalu lalang bersepeda, jalan kaki, duduk-duduk sambil ngobrol di kafe. Mereka enjoy life. Mereka happy.

Teman yang tidak setuju pasti membantah dengan mengatakan, lho Indonesia belum sukses seperti mereka. Kita harus kerja keras supaya seperti mereka. Lho, mau naik sepeda atau duduk-duduk di warung memangnya harus kaya dulu?

Bahagia itu tidak jauh dan harus dikejar dengan susah payah. Bahagia itu di sini, saat ini, dan di dalam sini, bukan “di sana”. Meski kondisi Jakarta macet dan banyak hal yang “bottle neck” di negeri ini bukan alasan untuk tidak bahagia dan menikmati hidup.

Dan salah satunya adalah mengapresiasi pemerintah yang memberikan banyak libur kepada warganya.

Selamat berlibur🙂

Standar

4 thoughts on “Indonesia Terlalu Banyak Libur?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s