Indonesiaku

Pilihan yang Sulit, Namun Asyik

Baru menjelang pilpres kali ini saya sulit menentukan pilihan. Biasanya dengan ringan dan mudah saya sudah menetapkannya jauh-jauh hari.

Penyebabnya, salah satunya karena sebenarnya saya gak begitu sreg dengan pasangan capres cawapres yang ada. Mereka semua “good”, tapi saya ingin yang “great”. Makanya, sebetulnya saya menunggu pasangan ketiga sebagai alternatif yang ternyata tidak muncul.

Karena terpesona dengan pencapaian Turki dalam satu dekade bersama Erdogan, saya punya standar yang tinggi untuk capres kali ini. Minimal selevel Erdogan lah. Hehe…

Saya meyakini, memilih orang yang tepat, dan bila Indonesia dipimpin oleh orang-orang yang tepat, pencapaian seperti di Turki atau Brazil itu bukan tidak mungkin.

Maka, keseruan saya sekarang ini adalah bertanya ke teman-teman yang mendukung capres cawapres pilihannya. Setiap ada pertanyaan soal Jokowi, misalnya, saya tanyakan kepada teman yang cukup menguasai masalahnya dan menjawab dengan masuk akal.

Setiap hari menjelang pencoblosan tanggal 9 Juli menjadi dinamis buat saya. Hari ini saya cenderung ke Jokowi, besok bisa ke Prabowo, lusa bisa Jokowi lagi.

Saya juga membatasi mengikuti sumber berita yang terlalu pro ke salah satu pihak. Cuitan di Twitter yang ramai berisi opini bahkan fitnah dan kebohongan juga saya batasi. Saya ingin menyaring yang mana noise dan mana informasi penting dan berharga.

Kepada istri dan Oom yang juga punya kegalauan yang sama dalam memilih, saya sarankan untuk mengikuti cara saya. Amati dan pelajari terus menerus. Cari informasi dari sumber yang kompeten dan kredibel. Soal nyoblos siapa mah gampang. Hanya Tuhan dan paku di bilik pencoblosan saja yang tahu🙂

Standar

Tinggalkan Balasan

