Uncategorized

Otak Reptil

Tadi siang, saya nonton program di History Channel tentang campur tangan alien dalam proses pembentukan manusia. Narasi program ini ingin menghubungkan otak manusia yang ada unsur “otak reptil” dengan gen reptil yang disusupkan oleh alien dari generasi ke generasi.

Saya menikmati saja teori-teori yang mereka kemukakan karena tayangan ini saya anggap sebagai spekulasi sains yang menghibur saja.

Namun yang menarik adalah soal unsur otak reptil tadi. Otak reptil itu seperti yang saya pahami adalah otak paling primitif dari manusia. Dari sanalah munculnya sifat-sifat manusia yang “primitif” seperti marah, agresif, menyerang, berkelahi, merebut milik pihak lain, pokoknya segala hal yang bersifat naluriah dan instingtif.

Sifat-sifat seperti ini adalah sifat asal manusia sebelum disentuh oleh peradaban, budaya atau agama.

Ketika warna peradaban kita saat ini masih banyak perang, kebencian, pembunuhan dengan alasan pembenaran apa pun, saya menganggap ini adalah pengaruh otak reptil dari para pelaku peradaban itu sendiri. Peradaban dikuasai oleh nafsu saling menaklukkan yang jauh dari kebijaksanaan dan kasih sayang.

Maka, jangan heran jika di jaman modern dengan pencapaian sains dan ilmu pengetahuan yang begitu luar biasa ini masih ada sebagian penduduk bumi yang berpikir dan bertindak secara primitif, karena belum bisa lepas dari dominasi otak reptil tadi.

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s