Uncategorized

Percakapan yang Menggambarkan Masa Depan Televisi

Saat makan malam, Vito (7tahun) ditegur oleh Mamanya karena masih membawa iPad ke meja makan. Saat dipanggil makan ia masih asyik menonton film Ipin dan Upin kesayangannya di Youtube.

Mamanya mengatakan bahwa setelah TV kabel kembali diaktifkan, mestinya Vito menonton TV saja ketimbang film di iPad.

Memang, beberapa waktu lalu kami mengaktifkan kembali langganan TV kabel setelah beberapa bulan dinonaktifkan. Kami ingin mengurangi menonton TV di rumah.

Setelah beberapa bulan tanpa TV, kami (saya dan istri) berubah pikiran, lantaran melihat Vito dan adiknya Vino kedapatan menonton TV di beberapa kesempatan dan terkesan seperti anak-anak yang ketinggalan jaman karena lama tanpa TV. Karena kasihan, maka TV kembali kami aktifkan.

Namun, sambutan mereka biasa-biasa saja setelah TV kembali aktif. Mereka tetap lebih suka nonton Youtube via iPad.

Jawaban Vito kenapa tetap nonton Youtube di iPad daripada TV, mengagetkan kami dan sungguh ini masalah serius yang harus dihadapi dunia pertelevisian di masa yang akan datang.

Vito, menjawab seperti ini,”Vito lebih suka nonton Youtube karena bisa nonton Ipin Upin kapan aja, dan nggak ada iklannya. Kalau ada iklan, tinggal ditutup aja”.

Bayangkan bagaimana nasib dunia televisi dengan fenomena anak-anak jaman sekarang yang lebih suka menonton di Youtube.

Saya juga pernah dengar kabar bahwa salah satu program unggulan Kompas.TV seperti Malam Minggu Miko ternyata lebih banyak ditonton setelah diupload di Youtube daripada langsung di TV. Lantas, bagaimana dengan efektivitas iklannya?

Saya sendiri jarang sekali menonton TV. Kalau pun menonton, itu karena banyak diperbincangkan di media sosial, misalnya ketika ada bintang tamu tertentu di Mata Najwa. Saya biasanya mencari rekaman acara tersebut di Youtube yang selalu ada.

Iklan
Standar

6 thoughts on “Percakapan yang Menggambarkan Masa Depan Televisi

  1. Di rumah saya TV juga gak laku. Masing2 kami lebih suka dengan tablet atau komputer, dimana materinya lebih cocok dengan selera kami masing2 🙂

    Suka

  2. Indrawan berkata:

    Saya menggunakan UseeTV dari telkom yang berbasis IPTV sehingga mau lihat tv kapan pun bisa tanpa bergantung waktu. bahkan ketika iklan pun bisa dicepatkan. perkembangan TV di masa yang akan depan akan berbasis digital dan menjadi IPTV.

    Suka

  3. junpur berkata:

    Youtube yang dimaksud adalah situs di internet berbasis video streaming, kata kuncinya adalah “internet” dan “video streaming”, video streaming meskipun sekarang punya teknologi kompresi yang sangat baik namun tetap saja data yang dipindahkan/lalu lintas datanya begitu besar, selama jaringan internet di indonesia lambat kecepatannya maka video streaming untuk menonton suatu acara bukanlah suatu pilihan.

    Jadi, tidak sekhawatir itulah para pemilik (perusahaan) televisi dan pemasang iklan dan turutannya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s