Komunitas TDA

Crowdfunding, Pembiayaan Kegiatan Ala TDA

Model pembiayaan ala crowdfunding lagi ngetren. Mulai dari untuk modal usaha, kegiatan sosial sampai pembuatan film sudah mencoba cara keren ini.

Ini semangatnya kebersamaan. Bila sebuah proyek atau ide itu dinilai keren, artinya punya nilai untuk didukung oleh orang banyak, maka mereka akan berduyun-duyun terlibat, termasuk menyumbang dananya.

TDA, sebuah gerakan sosial kewirausahaan yang sejak 2006 sangat banyak melakukan kegiatan di berbagai pelosok Indonesia dengan dana yang selama ini ala saweran, mirip crowdfunding tapi lebih insidentil.

Tantangan saat ini, dengan cita-cita 100 TDA Center di Indonesia, dengan member yang makin banyak, dengan kegiatan yang makin kompleks, juga dengan aktivitas pengurusnya yang harus ke sana ke mari mengurus organisasi, maka keperluan pendanaan yang cukup besar dan berkesinambungan perlu dipikirkan secara serius. Tidak bisa spontanitas dan insidentil lagi.

Ide crowdfunding ala TDA ini tercetus saat Rakernas di Lembang kemarin oleh Direktur Keuangan TDA yang baru @hantiar. Idenya adalah dengan menggandeng @rumahzakat selaku pengumpul dan penyalur dana yang dikumpulkan dari para donatur yang berupa infak untuk TDA.

Alhamdulillah, ide ini disambut positif oleh para wakil TDA wilayah dan mereka pun berkomitmen untuk berinfak dalam jumlah tertentu untuk TDA setiap bulannya. Di jajaran pengurus pusat pun demikian. Mereka berkomitmen untuk berinfak setiap bulannya untuk TDA.

Subhanallah. Saya terharu mendapati demikian besar komitmen teman-teman untuk TDA. Tidak hanya tenaga, waktu dan pikiran saja. Uang pun mereka relakan untuk TDA.

Di pusat, saat ini sudah ada TDA Center yang cukup megah. Markas besar TDA ini perlu dihidupi dengan kegiatan-kegiatan yang bagus yang juga harus dibiayai operasionalnya dengan memadai. Insya Allah, dana yang terkumpul nanti akan bisa menghidupi TDA Center di pusat mau pun di wilayah-wilayah yang saat ini sudah kurang lebih 50 jumlahnya di seluruh Indonesia.

Melalui tulisan ini, saya menggajak kepada siapa saja yang peduli dan mendukung upaya yang dilakukan TDA ini untuk terlibat memberi dukungan, termasuk berinfak untuk kegiatan kami.

Ini beberapa akun yang bisa dikontak terkait dengan hal ini: @hantiar @tangandiatas @tdacenterID @Barra__ .

Standar

One thought on “Crowdfunding, Pembiayaan Kegiatan Ala TDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s