Life

Waktu: Momen Kristal dan Karet

Sebuah berita mengagetkan saya baca kemarin. Seorang CEO perusahaan bernilai triliunan dolar mengundurkan diri demi anaknya. Ia ingin lebih banyak waktu bersama anaknya.

Di hari yang sama saya juga membaca soal pengunduran diri Ibu Karen Agustiawan dar Dirut Pertamina yang salah satu sebabnya adalah karena ingin meluangkan waktu untuk keluarga, terutama anaknya yang paling kecil.

Ia berkisah, anak bungsunya yang kuliah di luar negeri itu mengalami kemunduran prestasi dan saat ujian cuma bengong dan menggambar wajah ibunya.

Dari artikel itu saya akhirnya paham bahwa momen waktu itu 2 ada jenis, yaitu momen kristal dan momen karet. Momen kristal maksudnya momen yang seperti kristal, mahal dan kalau pecah tidak bisa kembali lagi. Contohnya adalah momen-momen penting yang tidak bisa terulang. Saat kelahiran anak, pernikahan, anak melakukan performance di sekolah, anak mengikuti lomba tertentu, ulang tahun anak dan sebagainya.

Momen karet adalah waktu yang fleksibel dan bisa berulang. Misalnya, liburan keluarga yang tertunda, bisa diulang di waktu yang lain.

Masa “golden age” anak mulai dari 0 sampai 5 tahun adalah momen kristal yang tidak bisa terulang. Maka, banyak orang tua yang menyesal saat anaknya tahu-tahu sudah gede dan mereka sadar kehilangan waktu bersama saat anaknya usia golden age.

Momen kristal juga termasuk meluangkan waktu bersama orang tua ketika mereka masih ada dan masih sehat. Ketika orang tua sudah sakit-sakitan atau wafat, apa mau di kata.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman alumni kuliah bertemu dan merencanakan outing bareng ke suatu tempat. Saya bilang, ini harus kita lakukan, mumpung kita masih muda dan masih sehat. Kalau masanya sudah lewat, sulit diulang.

Iklan
Standar

3 thoughts on “Waktu: Momen Kristal dan Karet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s