Business

Amazon Jualan Apa Sih?

Pertanyaan itu jadi cover story majalah Fast Company terbaru.

Saya juga bingung. Sejak beberapa waktu terakhir saya semakin bingung dengan sepak terjang Jeff Bezos di Amazon.

Setelah menjadi “everything store” yang melahirkan musuh-musuh seperti Wal Mart, Target, Barnes and Noble, sekarang Amazon juga menjadi musuh buat Alibaba, Netflix, Apple dan Google.

Semua raksasa itu sepertinya mau dilumatnya dengan bikin smartphone, tablet, jualan video, jualan musik, jualan grosir sampai menjadi mesin pencari seperti Google.

Gak semua besutan bisnis barunya itu lancar. Banyak yang gagal malah. Fire Phone sekarang numpuk di gudang meski sudah didiskon habis-habisan dengan kerugian jutaan dollar.

Banyak pengamat menilai Jeff Bezos sudah kehilangan fokus. Dia memaksa Amazon melupakan bisnisnya yang sekarang yang sebetulnya ada profit, meski pun kecil, untuk mengejar bisnis yang lebih menjanjikan di masa depan.

Sampai-sampai Steve Balmer – mantan CEO Microsof – berkomentar bahwa bisnis yang bener itu 2-3 tahun sudah sehat profitnya, ini Amazon sudah 21 tahun kok belum profit-profit?

Semua pihak berkomentar macam-macam. Investor mulai resah. Yang jelas, Jeff Bezoslah yang tahu ke mana arah Amazon dibawanya.

Sebagai founder dan CEO, ia memang seorang paranoid. Terlalu paranoid malah. Ada teman berpendapat, dia ingin mengendalikan ekosistem dari hulu sampai hillir.

Tapi dia jangan sampai lupa, apa yang membuatnya sukses dulu. Kenapa orang suka Amazon? Apakah experience bagus yang dirasakan pelanggan masih ada? Itu yang penting sebagai penanda ekistensi Amazon saat ini dan ke depannya.

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s