Life, Minimalism

Clean As You Go

Salah satu prinsip gaya hidup minimalis adalah no clutter. Tidak ada tumpukan di sekitar kita, baik itu di rumah, di kantor, di gawai (gadget) atau di pikiran kita.

Saya mencoba mempraktekkan ini dalam keseharian dan ternyata tidak mudah. Dalam waktu tidak lama setelah dibersihkan, beberapa titik di rumah segera dipenuhi barang, baik itu milik saya, istri dan anak-anak. Jika dibiarkan, makin berat usaha untuk membersihkannya.

Saya suka terheran ketika memperhatikan dapur barista di Starbucks yang selalu rapi dan bersih di tengah kesibukan mereka melayani pembeli.

Demikian juga misalnya saat saya bertandang ke Grapari, meja customer service yang selalu sibuk itu selalu bersih dan rapi.

Apa rahasianya?

Rupanya mereka selalu membersihkan begitu selesai mengerjakan sesuatu. Tidak ada barang yang tertinggal di atas meja saat mereka beranjak ke mana pun. Clean as you go.

Coba perhatikan dapur Starbucks itu. Tidak pernah nampak gelas yang kotor menumpuk belum dicuci. Tidak ada sampah menumpuk yang belum dibuang. Tidak ada peralatan yang kotor setelah dipakai.

Saya coba praktekkan cara ini dan hasilnya beberapa titik di rumah yang biasanya selalu rawan dengan tumpukan barang berangsur bersih. Prinsipnya, jangan menunda, lakukan sekarang juga.

Dalam konteks lain saya pikir prinsip ini juga berlaku sama. Ketika ada beberapa masalah yang ditumpuk tanpa penyelesaian, akan sulit mengurainya dan menyelesaikannya.

Pikiran yang terlalu banyak cabang, bercampur antara yang penting dan tidak penting akhirnya membuat stress dan kacau.

Orang yang rajin shalat, mestinya hati dan pikirannya segera bersih setelah shalat.

Teringat percakapan saya beberapa waktu lalu dengan teman baru Mustafa dari grup musik Debu. Ia punya kebiasaan sebelum tidur memaafkan orang-orang yang menyakiti hatinya pada hari itu. Pikiran dan hati sudah bersih sebelum tidur.

Sukses adalah ketika setiap hari berangkat tidur dengan damai, kata Paulo Coelho.

Standar

5 thoughts on “Clean As You Go

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s