Business, Mindset

Berpikir dan Bertindak Abnormal

Berita yang dominan belakangan ini adalah soal melambatnya pertumbuhan ekonomi dan berbagai fenomena yang mengikutinya.

Rakyat mengeluh karena naiknya harga-harga. Pengusaha mengeluh karena turunnya omzet. Tak sedikit yang menyalahkan keadaan dan pemimpinnya.

Kita tidak tahu persis apa yang terjadi sesungguhnya. 

Yang jelas, perlu cara pandang dan cara bertindak tertentu dalam menyikapi hal ini.

Bagi pengusaha, mengeluh saja tentu tidak menyelesaikan masalah. Mereka sebagai orang kreatif dan punya seribu akal harus bisa berkelit dari lubang kesulitan ini.

Di balik semua itu, saya melihat ada segelintir pengusaha yang punya pemikiran dan tindakan yang abnormal atau out of the box. Mereka melakukan terobosan dan diperbincangkan di mana-mana.

Ambil contoh fenomena Gojek yang lagi ramai ini. Di mana-mana kita lihat pengemudi ojek berjaket dan helm hijau lalu lalang. Mereka sibuk melayani pelanggan. Sementara para pengojek tradisional kebanyakan hanya duduk-duduk di pangkalan menunggu penumpang yang sebagian telah beralih ke Gojek.

Artinya, di tengah kesulitan ada pihak yang dengan cermat membaca peluang dan bertindak di luar kebiasaan. Mungkin terinspirasi oleh sukses dari Uber Taksi, founder Gojek ini membuat modifikasi Uber versi motor dan sukses.

Saya pikir orang seperti Nadiem Makarim pendiri Gojek ini tidak sedikit jumlahnya. Mereka tidak hanya bengong dan mengeluhkan pelambatan ekonomi, tapi berpikir sebaliknya. Mereka terus bertanya, apa peluang yang lahir dari masalah masyarakat saat ini? Apa solusi yang bisa saya berikan terhadap masalah itu? Apa produk dan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat di saat kondisi seperti ini?

Standar

4 thoughts on “Berpikir dan Bertindak Abnormal

  1. Haris maulidinnor berkata:

    Semakin membaca berita di koran, tv dan media online hati makin ketakutan membayangkan masa depan, bulan ramadhan ini saya berusaha utk banyak merenung dan mengulang2 doa nabi yg meminta lepas ketakutan, ketidak berdayaan, kemalasan, ujub ,pelit, lilitan hutang dan di tindas orang lain

    Suka

  2. Pintar membaca peluang dan menemukan ide bisnis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang dengan mental wirausaha. tapi itu semua juga tidak akan menjadi apa-apa ketika tidak dimulai dengan aksi nyata. salam blogwalking.

    Suka

  3. betul mas

    kondisi sulit sekarang ini masalahnya kompleks,,bukan salah pak jokowi

    dan mau tidak mau kita harus berpikir kreatif dan memutar otak untuk bisa bertahan dan maju

    karena memang ini sdh hukum alam,,,perubahan itu pasti,,hanya orang2 yang bisa berubah dengan cepat yang bisa bertahan

    mantab informasinya mas

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s