Business, Mindset, Uncategorized

Hadapi 2016 dengan Cara StartUp

Satu clue yang saya dapat dari Pak Hermawan Kartajaya di acara Markplus Conference baru-baru ini adalah bagaimana mindset dan perilaku pebisnis hendaknya meniru gaya start-up atau entrepreneurial.

Kenapa?

Karena kondisi ketidakpastian akan semakin menjadi keseharian para pebisnis. Ada lagi yang namanya fenomena sudden shift, perubahan drastis yang cepat, seperti turbulence, misalnya tiba-tiba dollar naik drastis atau bahkan turun drastis. Sudden shift seperti ini akan sering terjadi dan menjadi sebuah kenormalan baru.

Bagaimana seorang pebisnis bisa menyikapi hal seperti ini? Tentu tidak bisa lagi dengan mengandalkan cara berpikir dan bertindak yang lama. Tentu tidak bisa lagi menggunakan pendekatan yang selama ini sudah nyaman digunakan.

Tetaplah merasah bodoh. Stay hungry, stay foolish, kata alm Steve Jobs. Jangan pernah merasa sudah cukup, kemudian “menetap” dan akhirnya lengah. Teruslah mengeksporasi kemungkinan-kemungkinan baru dan peluang-peluang baru, channel-channel baru, cara-cara baru, teknologi baru atau pendekatan baru.

Ambillah peluang-peluang baru, risiko-risiko baru. Buatlah kesalahan-kesalahan baru, tapi dengan catatan, kesalahan itu tetap terukur dan jangan lupa dijadikan batu lompatan sebagai pembelajaran.

Dan terakhir, connecting the dots. Dari peluang-peluang yang diambil, dari risiko-risiko yang ditimbulkan, akan tersambung titik-titik acak itu menuju pertumbuhan atau bahkan menemukan “planet baru.”

Stay hungry, stay foolish, love the risk and connect the dots.

Happy new year.

Standar

2 thoughts on “Hadapi 2016 dengan Cara StartUp

  1. stay hungry and stay foolish itu sudah menjadi kredo dalam artian positif untuk dilakukan. untuk di jalankan, untuk menjadi pedoman bagi siapa saja yang ingin melakukan perubahan dengan catatan memakai pendekatan yang new, fresh dan tentunya menginspirasi banyak orang. setuju dengan pak roni. happy new year . yeah.

    Suka

  2. Re. O2O=Multi-channel marketing, ‘d like to have a chance to discuss with your co.(LapiDivusi) Kindly advise us the director
    in-charge-of the category of: E-mail(penta_astra_pb@yahoo.com) Cell/Viber/WA(+82-10-50 98-55 10) Jaehyuk OH-C.O.O.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s