Life, Mindset

Game Kesadaran

Dalam sebuah training yang pernah saya ikuti, ada satu permainan yang terus teringat sampai saat ini karena menurut saya unik dan bermanfaat. Namanya Game Kesadaran (Awareness).

Tujuan dari game ini adalah agar peserta betul-betul sadar dalam mengelola pikiran, perasaan dan kata-kata. 

Cara bermainnya adalah setiap peserta dilarang mengucapkan, bertindak dan berpikir negatif. Setiap kali ada yang berpikir negatif, meski pun tidak ada yang tahu, ia harus dengan jujur mengakuinya dengan cara memasukkan uang Rp. 50 ribu ke dalam kotak yang telah disediakan di depan kelas.

Misalnya begini, ketika si instruktur berbicara di depan kelas, saya tiba-tiba berpikir “Ah omongannya bohong.” Meski pun itu hanya pikiran saya dan tidak ada yang tahu, saya harus jujur dan segera memasukkan uang 50 ribu ke dalam kotak.

Apalagi dengan ucapan negatif atau sejenisnya yang bisa didengar oleh orang lain. Orang yang berkata negatif itu harus dengan jentelmen mengakui kesalahan dengan memasukkan uang ke dalam kotak.

Alhasil di hari ketiga training, uang pun banyak terkumpul. Uang itu akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Buat saya, bukan soal uangnya yang penting. Bagi saya banyak pembelajaran yag didapat. Game atau permainan itu adalah refleksi kehidupan nyata kita. Setiap saat kita sering terpancing emosi untuk marah atau kesal kepada siapa pun. 

Penelitian membuktikan bahwa pikiran dan emosi negatif itu berperan besar terhadap terjadinya penyakit fisik kepada diri kita. Belum lagi dampak hubungan dengan orang lain. Banyak orang besar dan hebat yang jatuh karena tidak bisa menahan emosinya. Ini pembelajaran yang menarik tentang sikap atau attitude. 

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s