Books and Learning, Life

Selamat Jalan Muhammad Ali

Sambil menunggu sahur, saya menikmati siaran CNN yang menayangkan live pemakaman legenda tinju dunia Muhammad Ali.

Di Louiseville, kota kelahirannya, upacara pemakamannya dihadiri ribuan orang termasuk para mantan Presiden Amerika dan wakil agama-agama selain Islam yang menggambarkan Ali seorang Muslim yang dampak kehidupannya menyentuh kehidupan banyak orang lintas agama dan ras.

Satu persatu saya menyimak pidato sambutan di antaranya dari istrinya, anak, sahabat, mahasiswa penerima beasiswa dari yayasan Ali, termasuk Bill Clinton dan komedian Billy Crystal.

Muhammad Ali sebelum meninggal telah merancang jauh-jauh hari prosesi pemakamannya dan bagaimana ia ingin dikenang oleh dunia.

Menyimak satu per satu dari sambutan itu, saya seperti menonton tayangan motivasi yang penuh inspirasi. Di sini saya belajar bagaimana kehidupan Ali telah menginspirasi banyak orang. Seorang Muslim kulit hitam dengan IQ hanya 78 bisa menjadi wakil wajah Islam yang anggun dan damai. 

Ia menjalani hidupnya dengan kebebasan memilih apa yang benar menurut prinsip hidupnya tanpa membangun tembok pemisah dengan mereka yang berbeda. 

Ini terlihat dari kisah Billy Crystal seorang komedian Yahudi yang perjalanan karirnya banyak dibantu oleh Ali. Ia mengenang saat lari pagi dengan Ali dan menolak melewati kawasan yang terlarang untuk orang Yahudi. Mengetahui itu, Ali pun marah dan setelah itu tidak mau melewati kawasan itu lagi.

Beberapa kutipan menarik dari Muhammad Ali yang sempat saya catat:

– Hidup ini singkat. Kita cepat menjadi tua. Jangan habiskan usia untuk membenci.

– Jangan menghitung hari. Jadikan setiap hari diperhitungkan.

– Jangan berhenti. Menderitalah sekarang dan nikmati sisa hidup sebagai pemenang.

– Aku tahu ke mana aku menuju dan aku tahu tentang kebenaran, aku tidak ingin menjadi apa yang anda mau. Aku bebas memilih apa yang aku mau.

– Siapa yang tidak berani mengambil risiko, tidak akan meraih apa pun dalam hidupnya.

– Melayani orang lain adalah uang sewa yang harus dibayar atas kesempatan hidup di dunia ini.

– Rasa tidak percaya diri membuat orang takut menghadapi tantangan. Saya percaya kepada diri sendiri.

Seorang sabahat lain berkisah bagaimana setelah mengalahkan lawannya, Ali mencari lawannya itu dan mengatakan ,”Keadaan kamu sekarang belum ada apa-apanya dengan potensimu di masa depan. Kamu akan menjadi petinju hebat.”

Kembali saya teringat dengan sebuah studi serius selama puluhan tahun terhadap 1.000 orang. Temuannya, ternyata bukan kekayaan, kepintaran atau popularitas yang membuat orang dikenang, tapi hubungan atau relationship. Bagaimana hidup ini berdampak kepada orang banyak.

Muhammad Ali adalah contoh nyata tokoh yang kehidupannya menyentuh kehidupan banyak orang. Tidak ada yang tidak mungkin baginya. Ia adalah simbol harapan dan perdamaian yang berakar dari Islam yang diyakininya. Reporter CNN sempat mengatakan kekagumannya dengan upacara dan doa-doa Islam yang menurutnya penuh kedamaian.

Muhammad Ali telah pergi, namun nilai-nilai hidup yang dijalaninya adalah warisan yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Selamat jalan Muhammad Ali. Your life is your legacy. 

Standar

5 thoughts on “Selamat Jalan Muhammad Ali

  1. Selalu dapat imu baru tiap mampir di blog Pak Roni.
    Semoga Pak Roni tetap istiqomah menyentuh kehidupan orang banyak seperti almarhum Muhammad Ali.

    salam..

    Suka

  2. “Ternyata bukan kekayaan, kepintaran atau popularitas yang membuat orang dikenang, tapi hubungan atau relationship. Bagaimana hidup ini berdampak kepada orang banyak.”
    Semoga hidup pak Ronny dan kita semua berdampak bagi banyak orang.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s