Life

Kenapa Sering Dapat Ide Saat Liburan?

Saya suka bingung, kok saat liburan atau jalan-jalan malah sering dapat ide atau bahkan terobosan baru yang nggak kepikiran sebelumnya.

Pulang dari liburan, pikiran tidak hanya lebih segar tapi dapat ide baru yang bisa segera dieksekusi.

Ternyata saya juga ada temannya. Jason Fried dalam sebuah video di TED.com juga mengatakan hal yang sama. Bahkan ia mengajukan pertanyaan, kenapa ide-ide segar itu lebih banyak didapat saat duduk di kafe, saat jalan-jalan di taman, bukannya saat jam kerja di kantor?

Penjelasannya adalah, bahwa kita berpikir dengan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar adalah default kita sehari-hari. Biasanya dibatasi oleh waktu. Misalnya saat seorang pedagang memutuskan untuk beli atau tidak produk yang akan dijual di tokonya. Saat memutuskan menu apa untuk makan siang. 

Pikiran sadar itu terbatas, harus diputuskan dengan cepat karena dibatasi waktu. Beli atau tidak? Jual atau tahan? Nasi goreng atau pecel lele? Bayar tagihan sekarang atau besok? Lewat kiri atau kanan? Pikiran sadar yang berulang akan menjadi rutinitas. Makanya kita selalu makan menu yang sama atau melewati rute perjalanan yang sama.

Pikiran sadar tidak bisa mengakses alasan lebih jauh dan mendalam kenapa harus makan nasi goreng? Apa dampaknya kalau memilih nasi goreng? Ekspektasi rasa seperti apa yang diinginkan saat memilih nasi goreng? Sensasi apa yang diinginkan dari nasi goreng? Kenapa nasi goreng, bukannya pecel lele, sate ayam, atau tongseng?

Dampak negatifnya, kalau  kita selalu menggunakan pikiran sadar  lama-lama bisa stress dan emosional. 

Pikiran bawah sadar itu lebih luas daripada pikiran sadar. Ia dapat mengakses masa lalu, masa kini dan kemungkinan-kemungkinan di masa depan. Karena tidak dibatasi oleh waktu, maka pikiran bawah sadar bisa memproses hal-hal secara lebih luas dan mendalam. Makanya dari sinilah lahirnya ide-ide imajinatif atau terobosan baru.

Pikiran bawah sadar akan muncul saat kita sedang bagus mood-nya. Saat emosi sedang positif. Kondisi ini biasanya didapat saat kita santai, tidak berburu-buru waktu.

Saya teringat seorang teman pedagang bahan kain di Pasar Baru. Di tokonya itu selalu ada musik yang mengalun lembut. Cara teman ini melayani pembeli juga sangat lembut dan persuasif. Rupanya ini penjelasannya. Supaya mood-nya selalu terjaga positif yang otomatis mengaktifkan pikiran bawah sadarnya. 

Standar

2 thoughts on “Kenapa Sering Dapat Ide Saat Liburan?

  1. Membuka gerbang gelombang otak alpha. Pikiran rileks ide-ide kreatif bermunculan. Saya sering mengalami waktu nongkrong di toilet di pagi hari 😅😅

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s