Books and Learning, Life, Mindset

Berguru Kepada Anak Kecil

Untuk dapat menjalani dan menikmati hidup, kadang kita perlu belajar dari anak kecil. 

Coba perhatikan anak kecil. Tidak ada anak kecil yang hari-harinya dipenuhi rasa sesal akan masa lalu dan mengkhawatirkan hari esok. Mereka hanya fokus pada hari ini dan saat ini.

Apa yang di depan matanya, itulah yang dia nikmati. Ada mainan dia mainkan. Ada makanan dia makan. Tidak suka, dia buang. Simpel cara berpikirnya.  Mereka kerap bertengkar, tapi tidak lama kemudian sudah berdamai kembali. Tidak ada dendam seperti orang dewasa.

Mereka juga tidak pandai menilai orang lain. Buat mereka orang lain itu baik semua. Mereka dengan mudah berkenalan dan bermain dengan siapa pun. Mereka tak kenal perbedaan agama, ras apalagi perbedaan politik. 

Kitalah orang tua yang mengajari mereka perbedaan dan menilai orang lain dari sudut pandang kita. Kitalah yang sejatinya mengajari mereka untuk membenci dan memusuhi orang lain. Kitalah orang tua yang perlahan mengikis kebersihan hati mereka.

Anak-anak juga sejatinya tidak mengenal rasa takut. Kita orang tualah yang memperkenalkan atau menularkan kepada mereka. 

Anak-anak setiap hari sukanya bermain. Bermain adalah cara pembelajaran buat mereka. Dari bermain mereka belajar realitas kehidupan. Dengan bermain kreativitas mereka terasah. Kitalah orang tua dan juga institusi pendidikan yang tanpa sengaja “merampas” dunia bermain mereka dengan memaksakan hal-hal yang tidak mereka sukai. Tanpa sadar kita telah menggunting sayap mereka untuk terbang.

Ayo  mari berguru pada anak-anak kita. Berbahagialah. Nikmati hari ini, jangan terlalu sesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Hiduplah dengan hati bersih tanpa banyak menilai orang lain dari sudut pandang kita yang terbatas. Selalu lihat sisi baik dari orang lain, hapus kebencian. 

Jalani hari ini dengan rileks. Nikmati hidup. Terus bertumbuh meraih impian tanpa rasa takut berlebihan. 

Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s