Business, Mindset

Cepat Move On, Jangan Baper Terlalu Lama

Di sebuah grup WA yang khusus membahas fenomena bisnis digital, ada berita Uber membeli saham Didi Kuaidi sebesar 20%.

Sebagaimana diketahui, Uber telah gagal dan keluar dari Cina setelah kalah dari pemain lokal, Didi Kuadi. Kekalahan  yang harus dibayar mahal. Tak kurang duit 2 miliar dollar telah habis dibakar Uber di sana.

Di Cina, sektor e-commerce dan media sosial memang dikuasai oleh pemain lokal. Seperti di Turki, Cina melarang rakyatnya menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan sebagainya. Sebagai gantinya, pemerintah mendorong pemain-pemain lokal untuk menggantikannya. Maka lahirnya Weibo, Baidu, WeChat sebagai lawan Facebook, Google dan WhatsApp. 

Di sektor e-commerce, memang pemain luar tidak dilarang, tapi silakan lawan pemain lokal yang juga sakti. Akhirnya Amazon dan Uber juga hengkang karena kalah bersaing.

Cerita Uber ternyata tidak berakhir sampai di situ. Mungkin penasaran dan melihat besarnya potensi Cina, daripada nggak dapat 100%, dapat 20% juga nggak apa-apa. Maka jadilah Uber membeli 20% saham Didi Kuadi. Detilnya seperti apa, saya juga nggak tau.

Dalam bisnis saat ini ada idiom “act fast, fail fast, learn fast”, cepat bertindak, cepat berbuat kesalahan dan cepat belajar. Artinya berbuat salah nggak apa-apa, yang penting cepat belajar mengambil hikmahnya dan “move on”, jangan lama-lama menyesali kesalahan alias “baper.”

Orang yang gagal dalam kehidupan karir, bisnis atau pun kehidupan rata-rata cirinya seperti ini. Mereka gagal move on dan baper terus meratapi kesalahan dan menyalahkan pihak lain. Mereka lupa bahwa nasib ada di tangan mereka dan nasib tidak akan berubah dengan menyalahkan pihak lain. 

Standar

3 thoughts on “Cepat Move On, Jangan Baper Terlalu Lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s