Indonesiaku

Fakta dan Opini

Indonesiaku menjelang ulang tahunnya yang ke 71 selalu ramai. Selalu ramai dengan hal apa pun untuk diperbincangkan di mana-mana.

Kali ini tentang menteri ESDM Archandra Tahar lagi hangat. Entah besok apa lagi. Selalu ada yang heboh. Entah kehebohan itu membawa sesuatu yang produktif atau tidak, saya tidak tahu. Waktu yang akan menjawab.

Setiap ada berita kontroversial muncul, selalu gatal jemari ini untuk berkomentar, beropini. Ada kesan orang yang suka berkomentar itu cerdas, paling tidak up to date dengan kejadian terkini.

Orang yang gemar beropini itu terkesan menduduki kasta tertinggi di singasana sosmed. Apalagi jika opininya banyak yang like dan share. Soal benar atau tidak, ia tak peduli. Toh besok juga orang lupa dan akan ada lagi yang lebih seru.

Fakta dan opini bercampur aduk. Memang menarik kalau mengikuti berbagai opini yang berseberangan. Kita menjadi kaya sudut pandang. Tapi yang celaka adalah ketika kita terburu menyimpulkan dan ambil posisi dan kemudian berusaha mempengaruhi orang lain dengan opini itu. Padahal faktanya belum lengkap dan masih terus berubah.

Ada baiknya menunggu dulu perkembangan faktanya menjadi lengkap dan analisanya lebih matang. Gak usah berusaha menjadi yang paling duluan beropini dan kemudian salah. 

Mendingan diam dulu, amati semuanya, lengkapi fakta dan opini untuk memperkaya pemahaman. Sebisa mungkin jauhkan dari sentimen emosional, tetap berjarak dengannya dan selalu berpikiran terbuka dengan segala kemungkinan. Rileks aja.

Atau sekalian cuek dan gak usah tau juga nggak apa-apa. Paling tidak kita tidak terjebak dosa menyebarkan fitnah dan ghibah.

Standar

3 thoughts on “Fakta dan Opini

  1. Saliim Pak Roni…
    Pernah menyesal sekali dulu beropini membenci suatu hal padahal info yang saya dapat belum “cover both sides”… Jadi mulai belajar menahan diri, lisan dan tulisan..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s