Indonesiaku

Anak Muda, Mau Bikin Apa?

Menyambut Hari Kemerdekaan RI kemarin, sebuah video dari Pak Anies Baswedan saya tonton di Facebook yang isinya mengesankan.

Dalam pesannya, beliau menyatakan bahwa Indonesia begitu menjanjikan di masa depan. Dan masa depan Indonesia tergantung dari anak-anak muda yang berkarya.

Jauh sebelum jadi menteri, satu quote dari Pak Anies yang saya ingat sampai sekarang adalah, “Anak muda, ke depan jangan tanya lagi mau kerja di mana atau mau kerja apa. Tapi mau bikin apa?”

Tren ke depan katanya anak-anak muda milenial ini nggak lagi suka terikat bekerja di satu perusahaan selama bertahun-tahun seperti generasi sebelumnya. Mereka ingin bebas. Mereka banyak pilihan. Dengan bekal pengetahuan dan smartphone saja mereka bisa menghasilkan uang dan mandiri. Mereka bisa mobile bekerja di mana pun dan kapan pun.

Saya pernah bertemu dengan tiga orang seleb Instagram di Raja Ampat yang kerjanya hanya traveling aja keliling Indonesia. Mereka tidak punya pekerjaan tetap di sebuah perusahaan. Pendapatan mereka berasal dari jasa mereview tempat-tempat wisata, hotel/resort dan sebagai endorser produk. Mereka tidak punya tempat tinggal tetap. Mereka ini mungkin bisa disebut sebagai digital nomaden.

Wow, ini anak-anak muda keren, batin saya. Selama ini saya hanya membaca fenomena ini di luar dari cerita blogger seperti Chris Guillebeau saja. Tapi fenomena ini sudah ada nyata di sini.

Kemarin saya juga baca bahwa minat mahasiswa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus seperti UI, Trisakti dan UNJ jauh menurun dari tahun ke tahun. Mereka sekarang lebih memilih kuliah dan memulai bisnis rintisan (start up). Rata-rata mereka mencoba bisnis online. Bisa jadi mereka tidak akan berminat lagi mencari kerja selepas kuliah.

Mindset orang tua lama yang mencekoki anaknya supaya sekolah yang rajin supaya diterima di BI, Astra atau Pertamina sudah layak diganti. 

Ke depan, nggak relevan lagi pertanyaan ke anak muda, “Kamu mau kerja di mana?”, tapi diganti dengan, “Kamu mau bikin apa?” Atau “Solusi apa yang kamu buat untuk masalah yang ada di sekitarmu?”

Kalau mayoritas anak muda sekarang mindsetnya udah seperti ini, bonus demografi Indonesia itu akan menjadi berkah.

Dirgahayu Indonesiaku.

Standar

5 thoughts on “Anak Muda, Mau Bikin Apa?

  1. Ping-balik: Waktu yang terbuang | Life Net 123

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s