Mindset

Tetap Waras di Era Informasi Berlimpah

Seorang netizen kabarnya diperkarakan karena komentarnya yang tidak pantas terhadap Presiden Jokowi dan masyarakat Maluku.

Saya menduga pasti netizen ini tidak suka dengan Jokowi, jadi apa pun yang dilakukan tetap aja salah. Dia sudah antipati.

Semua itu  berawal karena adanya asumsi tertentu terhadap orang atau kelompok lain yang tidak disukai. Ketika kebetulan orang atau kelompok itu berbuat salah, saat itu dia akan membully tanpa ampun.

Pertanyaannya, apakah orang atau kelompok itu selalu salah?

Asumsi itu harus dikonfirmasi dengan fakta-fakta. Misalnya ya, di mata saya si A ini geblek, selalu berbuat salah. Sekarang bagaimana fakta riilnya? Apakah si A selalu geblek? Apakah ada fakta-fakta lain yang membuktikan kebalikannya? Nah, di saat inilah semua fakta itu dijabarkan untuk menguji asumsi kita di awal tadi.

Sekali-sekali cobalah menantang asumsi negatif kita terhadap seseorang itu. Coba cari fakta-fakta yang sebaliknya. Bukalah pikiran terhadap berbagai kemungkinan. Berusahalah jujur dengan temuan-temuan itu.

Setelah itu, balik lagi ke asumsi awal. Apakah si A itu memang selalu salah?

Iklan
Standar

5 thoughts on “Tetap Waras di Era Informasi Berlimpah

  1. Berbaiksangka akan lebih baik..

    Orang yang selalu mengeluarkan pernyataan negatif, mungkin memang seisi kehidupan dan pikirannya dipenuhi hal-hal negatif.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Perkenalkan nama saya Muklas. Saya tahu blog ini dari sblogstrategimanajeemen kepunyaan pak Yodia antariksa. Saya usul kepadamas Roniyusirman agar tampilannya diubah jadi responsive. Agar blog ini enak dibaca via smartphone. Terimakasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s