Life

Hidup adalah Hadiah

Saat menscrolling Instagram, saya menemukan kutipan menarik dari Arvan Pradiansyah, “Being Grateful adalah sebuah gaya hidup yang memandang bahwa segala sesuatu dalam hidup adalah hadiah.”

Terima kasih Mas Arvan telah mengingatkan saya hal ini. Dalam menjalani hidup kita tentunya menghadapi up and down, ada kebahagian dan juga terselip musibah. 

Soal kebahagiaan, tentunya semua orang sepakat bahwa itu harus disyukuri. Namun bagaimana dengan musibah? Bagaimana dengan masalah? Bagaimana dengan kemunduran? Apakah harus disyukuri juga?

Dalam Alquran ada ayat yang mengatakan bahwa sesudah kesulitan pasti ada kemudahan. Pasti. Itu jaminan dari Allah. Kita harus percaya itu dan menjalaninya dengan yakin. Nyatanya memang demikian. Setiap ada masalah berat atau musibah, biasanya selalu diakhiri dengan buah yang manis. Asal kita bisa menerima dan menjalaninya dengan ikhlas, dengan ikhlas berusaha mengatasi juga tentunya. 

Suatu saat kita akan menengok ke belakang dan tersadar, oh iya ya, kalau nggak ada kesulitan dan tantangan itu, kondisi saat mungkin tidak lebih baik. Maka, terhadap orang-orang yang pernah “menjahati” kita, terhadap kondisi yang pernah tidak berpihak kepada kita yang kemudian kita berubah menjadi lebih baik karena itu, sudah seharusnya kita terima dengan mensyukurinya. Allah memberi hadiah melalui rahasia yang tidak terlihat secara kasat mata, bisa melalui kemudahan juga kesulitan. 

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s