Be Stupid

Mengunjungi toko buku adalah kebiasaan saya yang sulit dihilangkan 🙂

Waktu makan siang dengan keluarga kemarin di Citos, saya minta ijin untuk ke toilet sebentar, tapi akhirnya kembali dengan membawa sebuah buku. Ya, toilet di Citos itu memang bersebelahan dengan toko buku Aksara.

Biasanya saya selalu melakukan scanning saja di bagian depan di mana buku best seller dan terbaru dipajang.

Ada satu buku yang bikin saya penasaran dengan judulnya: Be Stupid for Successful Living. Artinya, kalau mau hidup sukses, jadilah orang bodoh. Ada-ada aja.

Tapi yang nulis bukan sembarangan. Ini adalah pengalaman dari Renzo Rosso, pendiri brand fashion Diesel. Pasti semua tau kan? Ini brand internasional dari Italy, selevel Levi’s lah. Meski belum resmi masuk Indonesia, brand ini dulu banyak beredar di sini. Mungkin yang palsunya ya.

Di buku yang ditulis dengan gaya bercerita apa adanya ini ia menjelaskan tentang kesuksesan hidup dan bisnisnya berlandaskan prinsip-prinsip “stupid”.

Istilah stupid di sini bukan dimaksud stupid secara harfiah ya, IQ rendah, idiot atau moron. Bukan itu.

Maksudnya stupid adalah melakukan hal-hal yang menurut pikiran orang normal pada umumnya adalah “gila”, tidak normal, berani, nekat, berusaha semaksimal mungkin, berani malu dan dianggap aneh, melanggar “aturan”, berpikir dan bertindak di out of the box atau di luar kebiasaan, mengikuti insting, berpikir dengan hati bukan hanya dengan otak, melakukan sesuatu karena memang suka, tidak khawatir apa kata orang lain, berani menerima konsekuensi. Kira-kira itulah yang maksud dengan stupid versi Renzo Rosso ini.

Sepanjang buku yang renyah dibaca ini ia berbagi 18 cerita tentang ke-stupid-annya dan setiap tulisan ditanggapi oleh seorang profesor strategi bisnis dengan memberikan justifikasi logis tentang cerita itu.

Sebuah buku yang menarik, dan menurut saya ini salah satu buku terbaik yang saya baca tahun ini. Saya jadi berpikir, apakah saya sudah cukup stupid selama ini? Kalau belum cukup stupid, berarti saya belum cukup sukses, karena saya masih terlalu banyak melakukan pertimbangan dengan otak dan analisa.

Berikut ini beberapa manifesto tentang prinsip stupid-nya Renzo Rosso:

– Smart sees what there is. Stupid sees what there could be.

– Smart critiques. Stupid creates.

– If you’ve never done anything stupid, you’ve never done anything at all.

– Smart listens to the head. Stupid listens to the heart.

– Stupid might fail. Smart doesn’t even try.

– Only the stupid can be truly brilliant.

– Smart plans. Stupid improvises.

– Be stupid. There’s no wrong way to do it.

– Smart says no. Stupid says yes.

– Stupid is trial and error. Mostly error.

– Be stupid. You’ll make more friends.

– Be stupid. You’ll create more.

Are you stupid enough to be successful?

3 pemikiran pada “Be Stupid

Tinggalkan komentar