Pekerjaan Bernilai Tambah Tinggi

Anak-anak saya – Vito dan Vino – sangat suka menggambar dan mewarnai gambar. Mereka sering minta dibelikan buku mewarnai gambar. Mereka juga suka memamerkan hasil karyanya dengan akrilik penuh warna yang dibuat di sekolah.

Saat memulai pelajaran melukisnya dengan Mas Tono, saya mendapat pemahaman baru mengenai pentingnya meng-create dan menghasilkan kerja bernilai tambah tinggi.

Menurutnya, mewarnai itu tidak begitu penting dibandingkan membuat gambar atau sketsa.

Menggambar adalah meng-create, sedangkan mewarnai hanyalah mengisi bidang kosong dengan warna, demikian pendapatnya.

Pengalamannya malang melintang di dunia seni lukis membuktikan bahwa para pembuat sketsa baik itu gambar untuk film animasi, disain fashion atau disain produk dibayar lebih mahal daripada pekerjaan pengisi warna.

Pemahaman ini menurut saya penting. Ini soal nilai tambah dari pekerjaan kita.

Dokter gigi saya bercerita yang konteksnya juga sama. Ia praktek di beberapa klinik gigi tapi hanya khusus mengerjakan implantasi gigi yang perlu keahlian khusus dan harganya mahal. Sementara pekerjaan lain seperti menambal atau membersihkan karang gigi diberikannya kepada dokter lain yang masih junior.

Saya teringat kata-kata dari Henry Ford. Menurutnya pekerjaaan yang dibayar paling mahal adalah berpikir.

4 pemikiran pada “Pekerjaan Bernilai Tambah Tinggi

  1. Setuju mas, tapi tentu valuenya akan bertambah lebih tinggi lagi jika menguasai kedua pekerjaan tersebut (membuat gambar dan mewarnai)

    Suka

Tinggalkan komentar